Translate

Rabu, 14 Maret 2012

Tips Orang Dewasa & Bicara Bayi (Imajinasi Anak Saat di Ajak Bicara)

Penyakit Was Was : Sebagai orang tua paling tahu, orang dewasa berbicara dengan bayi sangat berbeda dari mereka berbicara dengan orang dewasa lainnya. Ketika orang dewasa berbicara dengan bayi, mereka biasanya menggunakan kalimat pendek dan- sederhana, sering berulang, dan menggunakan- lapangan yang lebih tinggi dan intonasi bernyanyi-lagu yang sangat berlebihan. Gaya pidato disebut bayi- yang diarahkan pidato, atau "parentese." Meskipun Anda mungkin merasa konyol bila Anda- menggunakan gaya bicara sekitar bayi, bayi
menemukan parentese jauh lebih menarik daripada jenis yang lebih monoton berbicara diarahkan untuk orang dewasa. Bayi tidak hanya menemukan parentese lebih menarik daripada orang dewasa yang diarahkan- pidato, meskipun. Penelitian terbaru saya menunjukkan bahwa bayi belajar bahasa dari parentese lebih cepat daripada mereka belajar dari orang dewasa yang diarahkan pidato.''  Secara khusus, bayi belajar untuk- menemukan kata-kata dalam pidato fasih lebih mudah ketika mereka mendengarkan parentese daripada ketika mereka sedang mendengarkan orang dewasa yang diarahkan pidato.''  Untuk Anda dan saya, menemukan kata-kata dalam pidato fasih mudah. Karena kita sudah tahu banyak- kata-kata yang kita dengar, tidak sangat sulit untuk mengidentifikasi mereka. Banyak orang percaya bahwa ada jeda antara kata-kata dalam berbicara, hanya karena ada spasi putih antara kata-kata dalam teks.''  Namun, ini tidak benar. Ketika kita berbicara, kita mengaburkan kata-kata kita bersama, dan jeda tidak- andal terjadi pada batas kata. Ilusi bahwa kata-kata dikelilingi oleh jeda dalam pidato fasih berasal dari fakta bahwa orang dewasa tahu kata-kata. Untuk menggambarkan ini, cobalah mendengarkan pembicara fasih- bahasa asing.'' Percakapan dalam bahasa asing tampaknya cepat, dan mengidentifikasi kata-kata sangat sulit. Tentu saja, tidak seperti orang dewasa, bayi tidak tahu kata-kata yang sangat banyak, sehingga- mengidentifikasi kata-kata, bahkan dalam bahasa ibu mereka, menyajikan mereka dengan tantangan. Tapi bayi berhasil cepat pada tugas penting ini, dan mulai dapat mengidentifikasi kata-kata dalam pidato fasih sekitar usia enam bulan, yang memungkinkan mereka untuk mulai belajar kata-kata dalam bahasa mereka. Dan sementara bayi dapat belajar kata-kata dari orang dewasa yang diarahkan berbicara, mereka mampu belajar mereka bahkan lebih cepat ketika mereka mendengarkan parentese.'' Dalam serangkaian percobaan, rekan saya dan saya terkena delapan-bulan bayi hingga pidato fasih terdiri dari kata-kata omong kosong. Setengah dari bayi mendengar pidato fasih dengan cara yang cukup monoton, mirip dengan pidato yang ditujukan pada orang dewasa. Sisi lain dari bayi mendengar pidato dengan karakteristik kontur intonasi berlebihan parentese. Kami menilai apakah, setelah mendengarkan pidato fasih kurang dari dua menit, bayi telah mampu mempelajari kata-kata.'' Sekarang, kita tidak bisa meminta kepada bayi jika mereka telah belajar kata-kata, karena delapan bulan usia belum bicara. Jadi kita menggunakan metode yang lebih tidak langsung. Kami pasangan terdengar dengan lampu berkedip, dan biarkan bayi mengontrol apa yang mereka ingin mendengarkan.'' Selama bayi ini melihat lampu berkedip, suara terus bermain, dan ketika mereka melihat jauh selama lebih dari dua detik, suara berhenti. Kami bermain dua jenis suara untuk bayi setelah mereka mendengar pidato fasih: kata, dan urutan suku kata yang bukan kata-kata (seperti urutan suku kata "tyba" dari kalimat "bayi Cukup"). Jika bayi menunjukkan perbedaan dalam jumlah waktu mereka mendengarkan kata-kata dan item yang bukan kata-kata, kita tahu bahwa mereka dapat membedakan antara kata dan urutan suku kata yang bukan kata-kata. Untuk membuat perbedaan itu, bayi harus belajar kata-kata dalam pidato fasih.'' Kami menemukan bahwa bayi yang terkena pidato fasih dengan karakteristik kontur intonasi berlebihan pidato parentese belajar untuk mengidentifikasi kata-kata lebih cepat daripada bayi yang mendengar pidato fasih berbicara dengan cara yang lebih monoton. Kita tahu bahwa bayi mampu belajar dari orang dewasa yang diarahkan pidato, juga. Tapi hasil ini menunjukkan bahwa mereka dapat belajar lebih cepat dari cara khusus yang dewasa berbicara kepada bayi. Tahun pertama kehidupan adalah saat yang penting untuk bayi. Meskipun banyak anak yang tidak mengucapkan kata pertama mereka sampai setelah ulang tahun pertama mereka, tahun pertama adalah saat ketika bayi belajar jumlah yang luar biasa tentang bahasa dan cara berbicara, hanya dengan mendengarkan! Karena itu, berinteraksi dengan dan berbicara kepada bayi Anda sangat penting selama bulan-bulan pertama hidupnya.'' Meskipun bayi tidak berbicara kembali lagi, orang dewasa mendengar berbicara selama ini memberikan mereka dasar bagi perkembangan bahasa kemudian. Jadi, sementara Anda mungkin merasa agak bodoh ketika Anda berbicara dengan bayi menggunakan lapangan lebih tinggi dari biasanya Anda lakukan, dalam yang sangat menyanyikan-lagu, gaya berulang, jangan biarkan mengganggu Anda. Bayi senang untuk berbicara seperti itu. Dan mereka belajar dari Anda lebih mudah ketika Anda berbicara dengan mereka seperti itu dari mereka akan jika Anda berbicara kepada mereka seperti orang dewasa.'' Bahasa adalah salah satu hal yang paling penting bahwa bayi akan belajar di tahun-tahun pertama kehidupan mereka, dan Anda dapat merasa senang mengetahui bahwa cara khusus Anda harus berbicara dengan bayi adalah membantu mereka mencari tahu.''

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Labels

Blog Archive

Blog Archive