Translate

Rabu, 29 Februari 2012

Busung Lapar (malnutrition) Kekurangan Gizi Pada Anak Kecil

Busung lapar disebabkan oleh kekurangan gizi yang terus-menerus. Biasanya ini terjadi di daerah yang dilanda bela kelaparan. Mula-mula berat badan berkurang dan tubuh itu menahan air di bagian pipi, kemudian bagian kaki sehingga menyabar ke atas dan kadang-kadang mencangkup seluruh tubuh.



   Di daerah yang kekurangan gizi, anak-anak kecil diserang busung lapar yang disebut kwashiokor. Dalam hal ini hati membengkak dan kelenjar ludah perut merosot. Korban itu menyatakan busung lapar, dia tidak bertumbuh dengan baik, gampang tersinggung dan apatis. Nafsu makanya kurang, muntah-muntah dan mencret, timbul ruam pada kulit, pigma kulit dan rambut tidak teratur, timbul borok-borok di mulut dan mata. Kwashiokor sering membawa maut.

Tips yang harus anda lakukan

Sediakan makanan sebanyak-banyaknya walaupun tidak seimbang tetapi mengandung cukup gizi, kebanyakan dari sumber yang bukan sayur. Untuk mengobati busung lapar, seorang dewasa memerlukan 120 sampai 150 gram zat gizi setiap hari. Bagi bayi dan anak kecil, berikanlah banyak susu dan telur.''

Oleh karena penyakit ini biasanya menyerang orang miskin, biaya penyediaan panganlah yagn menjadi halangan. Di beberapa tempat, canpuran gizi sayuran dapat membawa hasil yang baik. Ini mudah dilakukan dimana terdapat kacang kedelai, karena kacang inilah yang terkenal sebagai sumber gizi yang sempurna.

1 komentar:

Poskan Komentar

Tags

Labels

Blog Archive

Blog Archive