Translate

Jumat, 15 Juli 2011

Bisul Dan Carbunculus

Posted by Isnandar Ugama 02.23, under ,, | No comments

Bisul itu keras , berwarna merah , sakit , membengkak yang pada permulakannya seperti jerawat sekitar akar rambut . Dengan pesat jerawat itu berkembang pesat dan terdapatlah satu inti di tengahnya .  Carbunculus bukanlah suatu bisul yang parah . itu biasanya mempunyai beberapa kepala atu inti yang di sertai dengan rasa saki secara keseluruhan.
Bisul dan  Carbunculus pada umumnya di sebabkan oleh kuman yang sama, yaitu staphylococcus aureus. Untuk menimbulkan satu bisul atau  Carbunculus kuman-kuman harus lebih dahulu memasuki kelenjar kringat atau akar rambut. Namun telah sering di perhatikan bahwa seorang mudah mendapatkan bisul dan  Carbunculus apa bila dia mengidap penyakit gula , pertumbuhanya lambat , atau kalau kena kotoran melalui gesekan pakaian .


Inti sesuatu bisul mengandung bakteri yang tidak terhitung jumplahnya yang menyelang-nyelingi sel-sel darah putih. sel-sel ini membentuk cairan kental , yaitu nanah , di sekitarnya.: dan nanah itu keluar saat bisul itu pecah . Nanah yang mengandung kuman hidup itu akan menyebarkan infeksi dan menimbulkan bisul lain kalau kulit terkena nanah itu. Kehangatan dan kelembabpan mempercepat pembentukan dan pemecahan bisul, yang melunakkan kulit itu agar nanahnya keluar. Namun , jikalau kulit tetap lembab , maka bisul tetap lembek , sehingga kuman-kuman mudah menyebar . Pembalut yang di basahi oleh air garam atau dengan bahan kimia lainnya akan merangsang pengeluaran nanah dari dalam jaringan kedalam jaringan pembalut. Setelah pecah bisul itu akan membaik segera.
Jangan memencet atau mengorek sesuatu bisul. Kelompok kuman dalam inti bisul akan menyebar kedalam jaringan di sekitarnya . mungkin juga kuman-kuman itu memasuki aliran darah dan akan '' meracuni' . di seluruh tubuh , tempat yang paling berbahaya yang di hingapi bisul ialah ujung hidung, pojok mulut dan pojok mata dan termasuk bagian dalam lubang hidung . Banyaklah kasus peracunan darah atau peradangan yang di sebabkan oleh gangguan bisul jerawat di daerah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Labels